Sejarah

Pada tahun 1965 ITS membuka 2 (dua) Fakultas baru yaitu Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam (FMIPA) dan Fakultas Teknik Arsitektur. Dari 7 (tujuh) Fakultas yang memiliki program Pendidikan Ahli Teknik (PAT) sebanyak 5 (lima) Fakultas, yaitu FTS, FTM, FTK, FTE dan FTP. Selanjutnya berdasarkan SK. Menteri pendidikan dan Kebudayaan No. 0557/0/1983 tentang jenis dan jumlah jurusan pada Fakultas di lingkungan ITS maka berubah menjadi 4 Fakultas yaitu : Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Teknologi Industri (FTI), Fakultas Teknologi Sipil dan Perencanaan (FTSP), dan Fakultas Teknologi Kelautan (FTK).

Keberadaan PAT dikumpulkan di bawah naungan satu manajemen yaitu Fakultas Non Gelar Teknik (FNGT). Pada saat itu, FNGT sangat memfokuskan pada pendidikan vokasi yang mana untuk menghadapi tantangan sesuai dengan kebutuhan yang ada pada masa itu. Banyak kerja sama yang telah dijalin, baik dengan industri, pemerintah daerah hingga kerja sama luar negeri. Namun setelah beberapa jurusan mendapat hibah untuk dijadikan Politeknik dan juga setelah keluarnya SK. Menteri pendidikan dan Kebudayaan No. 0312/0/1991 tanggal 6 Juni 1991 maka keberadaan FNGT dibubarkan dan pendidikan diploma dikembalikan ke jurusan masing-masing.

Fakultas Vokasi (FV) adalah adalah salah satu fakultas yang baru dibentuk oleh ITS berdasarkan Peraturan Rektor Nomor 10 tahun 2016 dan mulai beroperasi pada tanggal 26 Januari 2017. Fakultas Vokasi diberi tugas untuk mengelola dan mengkoordinasikan semua Program Studi yang bersifat vokasi di lingkungan ITS. FV meskipun merupakan sebuah Fakultas baru, sesungguhnya pendidikan vokasi telah berjalan cukup lama di ITS. Tradisi vokasi di ITS telah dimulai pada tahun 1972, dengan dibukanya program D-III Teknik Sipil dan Teknik Mesin ITS dengan nama Program Ahli Teknik. Pada tahap selanjutnya dibuka program D-III Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Instrumentasi dan Statistika Bisnis. Dengan berubahnya status ITS sebagai PTN BH maka diperlukan wadah khusus untuk pendidikan vokasi di ITS agar dapat lebih berkembang sesuai dengan ciri khas vokasi. FV membawahi 6 (enam) Departemen dan 7 (tujuh) Program Studi sebagai berikut:

  • Departemen Teknik Infrastruktur Sipil (DTIS)
    1. Prodi Sarjana Terapan (Diploma IV) Teknik Sipil
    2. Prodi Diploma III Teknik Sipil
  • Departemen Teknik Mesin Industri (DTMI)
    1. Prodi Diploma III Teknik Mesin
    2. Prodi Diploma III Teknik Mesin KS Disnaker
  • Departemen Teknik Elektro Otomasi (DTEO)
    1. Prodi Diploma III Teknik Elektro Komputer Kontrol
    2. Prodi Diploma III Teknik Elektro Komputer Kontrol KS Disnakertrans
  • Departemen Teknik Kimia Industri (DTKI)
    1. Prodi Diploma III Teknik Kimia
  • Departemen Teknik Instrumentasi (DTIn)
    1. Prodi Diploma III Teknik Instrumentasi
  • Departemen Statistika Bisnis (DSB)
    1. Prodi Diploma III Statistika