Departemen Teknik Kimia Industri (DTKI)

Kimia Industri

Program Studi Diploma 3 (tiga) Teknik Kimia sejak didirikan pada tahun 1985 sampai Maret 2017 telah berhasil meluluskan tenaga terampil ahli madya sebanyak 1689, dimana sebagian besar lulusan bekerja di berbagai sektor industri, antara lain petrokimia, minyak & gas, semen, makanan & minuman, kertas, karet & plastik, farmasi, tekstil, pembangkit listrik dll.

Disamping bekerja di industri tersebut, sebagian lulusan ada yang bekerja di industri keuangan, dan juga ada yang di pemerintahan sebagai birokrat, asisten peneliti di lembaga penelitian dan pengembangan, dan juga ada yang berhasil menjadi enterprener.

Lulusan mempunyai kompetensi dibidang operasi proses industri kimia, pengawasan, pembimbingan ketrampilan manajerial, berwawasan lingkungan, berwawasan teknoprener, serta mempunyai kesiapan untuk berkembang lebih lanjut.

Program Studi telah berhasil membina prestasi kemahasiswaan untuk berkompetisi di tingkat nasional dengan meraih mahasiswa berprestasi tingkat nasional pada tahun 2016, sedangkan di tingkat global yaitu berpartisipasi pada agenda International Student Paper Contest 2015, International Student Conference in Asia Africa 2016, dan ASEAN Leaderpreneur Conference 2015.

Sejak awal 2017, program pendidikan diploma ini berada di Fakultas Vokasi ITS, menjadi Departemen Teknik Kimia Industri (DTKI), dan saat ini sedang mengembangkan program studi diploma 4 (sarjana terapan) di bidang teknologi rekayasa kimia industri yang direncakanan untuk menerima mahasiswa baru pada tahun 2018.

Nama Laboratorium di DTKI

  • Proses Industri Kimia
  • Kimia Dasar
  • Satuan Operasi
  • Pengolahan Air dan Limbah Industri

Kontak

Telp : +6231-5937968
Fax : +6231-5965183
Email : d3@chem-eng.its.ac.id
Website : ichem-tech.its.a.id